Minggu, 09 September 2012

Pendahuluan Laporan


BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain memberikan pelajaran di sekolah, juga mewajibkan siswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, baik pada instansi siswa maupun pemerintah.
Dalam sistem pendidikan sekarang, setiap siswa SMK melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk mendapatkan bimbingan dengan baik, baik dari guru maupun dari dunia industri.
Dengan itu,siswa SMK akan mampu mempraktekan teori yang didapat di sekolah pada dunia industri dengan melaksanakan praktek kerja secara langsung.
Dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, siswa akan mendapatkan pengalaman dan wawasan, sehingga pada akhirnya siswa menengah kejuruan akan menjadi lulusan yang kreatif dan mampu bersaing dengan sekolah lain. Mereka juga diharapkan menjadi calon tenaga kerja yang siap untuk bekerja, dalam arti mereka sudah membekali diri dengan keterampilan atau keahliannya masing – masing.

B.           Tujuan

Adapun beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan PKL yang di laksanakan oleh siswa/siswi sekolah menengah kejuruan (SMK) antara lain :
a.             Dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa akan mendapat pengalaman secara langsung di dunia industri.
b.            Dengan pengalaman kerja yang dimilikinya, siswa memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja, setelah mereka lulus sekolah.
c.             Meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas – tugas yang diberikan dan lebih bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan.
d.            Mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sesuai dengan keahliannya masing – masing.
e.             Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasinal (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK GLOBAL SURYA MANDIRI pada tahun pembelajaran 2011/2012.

C.     URAIAN TUGAS PEMBUATAN LAPORAN

Selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) banyak pengalaman baru yang saya dapatkan, yang sebelumnya saya peroleh dari sekolah. Melaksanakan Praktek Kerja Lapangan, sebagian besar berkaitan langsung dengan tujuan yang hendaknya dicapai dalam penulisan laporan ini yaitu sebagai berikut :
a.             Dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilannya, karena pengetahuan yang didapat di sekolah dapat dipraktekan langsung di industri.
b.            Dengan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas – tugas yang diberikan kepada siswa.
c.             Sebagai bukti tertulis bahwa telah melaksanakan Prakter Kerja Lapangan (PKL) di dunia industri.
d.            Dengan laporan yang saya susun ini dapat meningkatkan perbendaharaan buku perpustakaan sekolah dan dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan, terutama bagi siswa/siswi yang akan melaksanakan PKL.
Sebagai salah satu syarat, untuk mengikuti Ujuai Akhir Nasionl (UAN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di SMK GLOBAL GLOBAL SURYA MANDIRI Tahun Pembelajaran 2011/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar