Minggu, 09 September 2012

Cerpen Akhir Persahabatan


AKHIR PERSAHABTANKU
Oleh Yunita Anggraini

Kini aku duduk di bangku kelas 3 SMA ya tepatnya di masa putih abu-abu. Kujalani hari putih abu-abuku bersama tiga sahabatku Riko,Diki, dan Mutia sedangkan Mutia adalah sahabatku dari SMP. Kini aku hanya tinggal menghitung hari menunggu Ujian Nasional di laksanakan.

Waktu pulang sekolah tiba, dari sejak istirahat aku,Riko,Diki, dan Mutia telah merencanakan sesuatu untuk tanda janji persahabatan lalu kami berempat ke kebun di belakang sekolah untuk membuat janji tersebut yang ditulis di dalam sebuah kertas yang akan di masukan di botol dan di kuburkan di dalam tanah yang bertulis.......
“Persahabatan adalah ikatan yang tak kan terlupakan. Aku akan selalu ada bersamu sahabat walau jarak yang berjauhan diantara kita bersama, akan kubuka botol ini sesudah kami mendapatkan nilai hasil Ujian Nasional. Sampai kapanpun tak ada istilah teman lama antara kita tetapi hanyalah ada kata teman selamanya.”

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgINslb6I16quUMAfyw8Q1-bWgu1qb1urvCresQigsup9B_PxoGwjAh-gYiMJ4M6GcjRy4ojc2EjzWwowgKiPKmImy-OXlelKf3Nmz-3Z0OppstxQRi1uvyB3u9PfXP2hSCccOT2h7nM18/s400/Cerpen+Cinta+tak+direstui.jpg

Setelah itu barulah kami kuburkan botol tersebut……….
“Mudah-mudahan saja kita berempat bisa terus bersama walau nanti kita sudah lulus dari sekolahan ini” ucap Mutia yang memberikan harapan
“Ia dan nanti botol ini akan kita buka bersama” sahut Diki dengan melanjutkan perkataan Mutia
“Oh…ia temen-temen kalian pada setuju gak kalau di dalam persahabatan kita berempat ini gak ada yang boleh saling jatuh cinta…!!, kayanya belakangan ini ada dua yang saling suka tuh cieee… Diki sama Mutia cintanya lagi bersemi-semi tuh......BhaHahay…….” ucap ku
“Dih.....Aliya so tau banget ya lu…emangnya gua pacaran apa ama Mutia kan gak tau” jawab Diki
“Diki, tadi perasaan gua gak bilang lu berdua pacaran ya, tapi tadi lu barusan yang nyebut sendiri jangan-jangan bener lagi lu berdua bukannya saling suka lagi, tapi udah jadian kali ya...tapi kalau seandainya kalian berdua emang pacaran gak napa-napa deh.....PJnya boleh kali tuh.....!!!” kata ku
“Cieee Diki sama Mutia....kayaknya bener tuh apa kata Aliya barusan” ujar Riko yang meledek Diki dan Mutia
“Udah ah ngapa lu jadi pada ngomongin begituan, ah gak penting tau mendingan sekarang kita pulang aja yuk…!!! Dari pada kita berempat kerjaannya main mulu nanti nilai ujian kita jelek lagi”sahut mutia
“Ia deh yuk kita pulang, oh ia, Aliya lu pulangnya gua anter ya dari pada lu naik angkutan umum” ucap Riko sambil menyuruh Aliya naik di motornya
“Ia Riko, nganterin gua pulang sekolah terus juga gak napa-napa…..Hahaha biar bensin lu abis, becanda kok gua” ujar ku
“Lah Aliya bisa banget, lu kira Riko tukang ojek” kata Diki
***

Inilah dia dimana saat-saat Ujian Nasional berlangsung hatiku mulai bergemuruh saat petugas membagikan soal suasana kelaspun mulai hening jauh dari kebisingan dalam hatiku ku sambil berdoa “Bismilahirrahmanirrahiim…...mudah-mudahan aku dapat mengerjakan soal Ujian Nasional ini dengan mudah dan mendapatkan nilai yang memuaskan” lalu barulah ku usapkan tangan ku wajah “Amiin……”
Barulah perlahan kuhitamkan hasil jawaban yang ku pilih di lembar jawaban, terus hingga aku selesai mengerjakan soal Ujian tersebut.
***

Ujian Nasional kini telah selesai dan sekarang adalah waktunya melepas ketegangan sambil menggu hari-hari di mana nanti hasilnya akan diumumkan. Kami berempat akan makan-makan di pizza hut.
Kami berempat pun memesan makanan. Aku jadi heran sama Riko kenapa ya sepertinya muka Riko kok terlihat tegang ya dan ia dari tadi ku perhatikan seperti ada yang akan ia sampaikan ke aku.
“Riko, lu tuh dari tadi kenapa yak kok kaya tegang gitu…kalau lo ada masalah cerita aja sama kita bertiga…!!!” tanya ku dengan heran
“Aliya, emangnya lu gak nyadar apa Riko kan suka ama lu semalem dia sms gua cerita katanya dia bingung gimana caranya nembak lu Al” ujar Diki sambil tertawa
“Beneran Dik gak salah denger nih gue” sahut Mutia yang penasaran
“Ehm…Aliya sebenernya yang di katakana Diki benar dan yang sejujurnya telah lama Al aku menyukaimu, kamu mau gak Al jadian sama ku?” ucapnya Riko dengan wajah tegang
“Ya Riko aku mau kok jadian sama kamu” sahutku sambil tersenyum
“Asyik dah yang hatinya lagi bersemi-semi nih…Cicuwwiittt….HahaHaha….” ujar Mutia
“Jiah……akhirnya Riko sama Aliya jadian juga, klo gua sama Mutia sih jadiannya udah lama” kata Diki
“Ah lo bedua nih gak pernah cerita” tutur Riko
“Tapi temen-temen kalian inget ya sahabatan kita tuh gak boleh hancur karna gara-gara cinta” ucap ku
“Tenang aja kok Al sampai kapanpun kita berempat tuh sahabat apa lagi gue ama lu udah sahabatan dari kita masih SMP” sahut Mutia
***

Hasil nilai sedang di bagikan. Sekarang aku begitu tegang ketika akan di bagikannya hasil nilai tersebut. Kini adalah giliran nama ku di sebut dan tepatnya aku mengambil hasil ujian “Aliya Rahmadina”, barulah aku maju ke depan dan mengambil hasilnya. Perlahan Kubuka amplop tersebut sambil membaca Bismillah, “Alhamdulillah ternyata aku lulus” ucap ku
Barulah waktunya nama Diki Disebut “Diki Setiawan” lalu dia maju dan ternyata ia lulus, “Mutia Qurrotu Nur’aini” begitu pula dengan Mutia ia juga lulus. Kini barulah giliran Riko “Ahmad Riko” dan akhirnya Riko pun juga lulus.
Kami berempat langsung berpelukan menahan tangis rasa senang yang mengharukan dan kami pun langsung berlari ke kebun untuk menggali botol tersebut saat-saat inilah yang membuat aku tidak bisa menahan air mata ku yang membuat ku haru.
“Gue seneng banget akhirnya kita berempat bisa lulus” kata Mutia
“Ya Mut gua juga seneng banget kita bisa seperti ini dan terus bersama” tutur ku
“Gimana kalau nanti kita jalan-jalan lagi” ucap Riko
“Setuju banget tuh gua, kita nonton bioskop…!!!” sahut Diki
***

Ketika di perjalanan ingin menonton bioskop, perasaanku sungguh tak enak jantungku berdebar ketika sedang di dalam mobil Diki yang mengendarai mobil tersebut, aku seperti punya firasat yang tak enak. Apakah ada sesuatu yang akan terjadi kepada kami berempat, Tidakkk…!!! Aku yakin ini semua gak akan terjadi.
“Perasaan gua di dalam mobil ini kok gak enak banget ya” ucap ku dengan cemas
“Aku biasa aja kok Al di dalam mobil ini kaya nya tenang-tenang aja” sahut Riko
“Aliya, udah lah kita bawa santai aja dikit lagi juga udah mau sampai” ujar Mutia
“Bener tuh Mut” sahut Diki
Tak lama Setelah Diki berbicara tau-tau Mutia berteriak “Diki awas..!!! disitu ada jurang….!!, “Haaaahhhhh……….” teriak aku,Diki, dan Riko. Aku sungguh tak kuasa mendengar jerit teriak mereka
***

Perlahan ku buka mataku sedikit demi sedikit dan terlihat samar-samar ada Ibu di sampingku
“Aliya… kamu sudah sadar” itu suara ibu
“Ibu, Aliya ada di mana? Riko,Diki, dan Mutia juga ada dimana bu..? ucapku dengan kaget
“Aliya kamu sedang di rumah sakit, kamu yang sabar ya Riko,Diki dan Mutia sudah tiada” kata Ibu
Tangisku ku menetes tiada henti saat kau tinggalkan ku sendiri. Mengapa kau ambil tiga sahabatku? aku masih sungguh menyayanginya akan ku jaga semua kenangan kita berempat walau kau sudahlah tiada. Kemana semua janji mu dulu Riko,Diki, dan Mutia..?. Aku juga masih mencintaimu Riko mengapa kaupun harus pergi juga .Ingin rasanya kumemutar waktu kembali tuh habiskan waktu-waktu kebersamaan kita sahabat dan merajut janji-janji kita selamanya.

***SELESAI***

Ending :
Cerpen ”Akhir Persahabatanku” mengisahkan akan tokoh utamanya yaitu Aliya, ia mempunyai tiga sahabat yang selalu bersamanya yaitu Riko,Diki, dan Mutia. Semua janji persahabatannya di tuliskan di sebuah kertas yang di masukannya kedalam sebuah botol, botol itu akan mereka buka ketika sesudah hasil nilai Ujian Nasional dibagikan. Sayangnya setelah mereka berempat membuka botol tersebut bukan lah kata ucap bahagia untuk Aliya tetapi malah kecelakaan menimpa Riko,Diki, dan Mutia yang membuat Aliya kehilangan tiga sahabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar